Welcome to 1001 Shortcuts, first select your language | Selamat datang di 1001 Shortcuts, pertama tama pilih bahasa anda

Internet Telah Membuat Saya “Xlangkah Lebih Maju"


Jaman sekarang ini berbeda sekali dengan jaman ketika saya masih kecil dahulu, internet yang sekarang tidak lagi susah ditemukan telah menjadi gaya hidup dan memudah orang dimanapun berada untuk mendapatkan informasi yang up to date. Dimanapun kita berada mudah sekali untuk menemukan warnet, tentunya dengan harga yang sangat miring kurang lebih 2000/jam, atau dengan memanfaatkan fasilitas WIFI hotspot area, dan bahkan menggunakan ponsel.

Pertama kali saya mengenal komputer saat saya masih SD oleh ayah saya, menggunakan OS win 98, PS TX, dan berbagai komponen lama lainnya, sayangnya saat itu belum ada komputer, dan saya hanya memainkan paint dan beberapa game. Baru saat saya SMP pada semester pertama untuk pertama kalinya pula saya masuk kewarnet dan menggunakan internet, karena diajak teman saya. Tapi sebelum kejadian tersebut, sudah 2 tahun lamanya saya menggunakan internet dengan menggunakan ponsel saya, sebagai search engine, yahoo adalah search engine pertama saya.





Ketika ngobrol dimasa sekolah saya sering membicarakan beberapa hal yang tidak cocok sebagai bahan obrolan untuk bermain. Saat itu saya masih ingat pernah mengobrolkan , “apa kereta tercepat didunia?”, “berapa jumlah negara bagian di Amerika?”, dan banyak lagi intinya tentang pengetahuan umum. Alasan saya mengungkapkan hal-hal tersebut karena saya juga ingin agar teman-teman saya mengetahui hal-hal penting diseluruh penjuru dunia yang mungkin saja tidak akan pernah mereka dapatkan di sekolah. Karena menggunakan hp otomatis memotong pulsa saya, dan di jaman itu biaya aksesnya masih sangat mahal sekali dan dihitung per paket data, karena saat iru saya hanya asal menggunakan saja. Terpaksa tidak jajan disekolah untuk ditabung agar bisa beli pulsa.

Beberapa bulan kemudian saya baru mengenal social network yaitu friendster, semua pasti sudah, jadi tidak perlu saya jelaskan. Saya mulai kecanduan internet gara-gara mengenal hal tersebut.

Kegunaan internet secara mendalam mulai saya rasakan ketika sudah sekolah di SMK denngan jurusan saya TKJ (teknik komputer dan jaringan), saat pelajaran saya selalu membawa buku catatan kecil yang saya buat sendiri dari kertas HVS bekas cetak yang lembar belakangnya masih kosong. Sebelum pelajaran minggu depan dimulai, saya membca buku untuk pelajaran minggu depan tersebut, kemudian mencatat beberapa kata/kalimat yang belum saya mengerti maknanya, saya juga melakukan hal serupa ketika didalam pelajaran. Kemudian mencarinya di search engine. 

Karena sekolah di jurusan TKJ otomatis banyak teman diluar sekolah yang sering menanyakan berbagai macam problem mereka dengan komputer masing-masing. Banyak juga yang menanyakannya, entah lewat ponsel maupun bertemu secara langsung. Banyak problem yang bisa saya perbaiki sendiri tapi banyak juga yang baru pertama ketemu, sayapun mencari solusinya di internet, tapi jika mencari di search engine agak lama, karena harus melihat satu persatu page yang ditemukan. Kemudian saya menemukan sebuah forum besar, saya daftar, tapi belum mengetahui fungsi forum tersebut. Karena saat di jam instirahat ada teman saya yang bercerita tentang forum, saya pura-pura saja memahaminya, padahal tidak. Karena saya ini termasuk orang yang ingin selalu lebih maju. Setelah mengetahui fungsi forum saya pun terus menggunakannya dan menjadi ketagihan. 

Kembali kepermasalahan saya yang selalu ingin menjadi anak yang lebih maju. Teman saya tersebut sudah mengenal PPC, PTC , Bisnis Online, atau apalah yang berhubungan antara uang dan internet. Saya pernah ditawari, saya jawab “tidak”, alasannya saya juga punya bisnis yang sama, padahal tidak. Saya diam-diam mengingat dan mencatat kata-kata baru yang dia ucapkan, kemudian mencari di search engine, download materi dan memahaminya akhirnya saya paham apa yang selalu di agung-agung si AD, sebut saja seperti itu. Bukanlah hal yang wah ataupun patut dibanggakan, dengan cara tersebut kita membutuh waktu dan tenaga yang sangat banyak agar terkumpul uang yang banyak pula. Saya pun juga mengikuti program tersebut dan memasangkannya disetiap blog saya. 

Cerita lain ini bukan masalah internet ataupun uang, ini masalah harga diri. Dalam cerita dikenalkan ada 2 anak di jurusan saya yang dikenal karena kemampuanya mengolah program grapich design dan menghasilkan karya-karya yang ciamik. Yaitu saya dan si IW. Meski IW mengetahui cara menggunakan program tersebut setelah saya perkenalkan untuk pertama kalinya, ternyata perkembangannya berbeda sekali dengan anak – anak yang pernah saya kenalkan yang lain. Hampir saja dia selalu menyalip saya. Saya sempat kehilangan ide untuk menciptakan apa lagi, mencari situs yang mwndukung kegiatan saya, ketemu PSDV, tapi ternyata didahului dia, saya baru tahu ternyata karya-karyanya diilhami dari situs ini dan hanya situs ini saja tidak ada yang lain, saya menemukan lagi yang serupa tapi lebih bagus yaitu PSDtuts, kurang puas saya pun mencari dan terus mencari, saya pelajari karya orang, kemudian saya modifikasi sedimikian rupa, seperti kata Van Gogh. Karya sayapun menjadi lebih banyak diminati teman-teman yang lain. Tentram sekali hati ini rasanya.

Serangan virus lokal mulai saya rasakan setelah saya menghilangkan kebiasaan kewarnet dengan menggantinya pergi hotspot area, karena menggunakan notebook sendiri dan tanpa proteksi yang berlebih, baru saya rasakan dampak buruknya, di internet virus bebas kesana kemari apalagi jika usernya banyak yang sudah terkontminasi virus. Sudah beberapa kali maintenance, tapi masih terus terinveksi, setelah beberapa kejadian saya baru sadar pentingnya update, kesadaran ini karena baca artikel di internet pula. Saya update antivirus dan program anti spyware saya, barulah saya merasa aman. Tapi hal tersebut tidak berlaku setelah 2 tahun kemudian tepatnya setelah saya kelas 3 SMK. Saya mulai menggunakan Linux yang Ubuntu, saya masih belum terbiasa , dan setiap ada masalah sedikit selalu tanya forum, sehingga kebanyak post saya adalah sebagai awal, bukan replay dari thread lain. Karena linux ini notebook saya jadi terbebas dari virus yang jalan exe. Internet saya juga lebih cepat. Teman saya yang kagum melihat OS saya juga minta diajari. Sama dengan sebelumnya banyak pula yang mempunyai masalah dengan hal tersebut, sayangnya setiap komputer masalahnya berbeda, tapi bagi saya semua masalah bukanlah sebuah masalah jika ada internet, semuanya ada disana, hanya saja teman-teman kurang memanfaatkannya, mereka labih suka bertanay kepada orang lain, entah orang itu tau atau tidak. Jika saya tidak tahu, saya tidak langsung menjawab “maaf, saya tidak bisa nih!” , tapi q jawab “o.. seperti ini, coba q bawa pulang dulu”.. padahal tidak tahu harus berbuat apa, internet telah membantu menaikan derajat saya menjadi orang yang serba bisa dan tahu, dan teman-teman saya mengakuinya, padahal mereka juga bisa seperti itu asala menggunakan internet secara maksimal. 

Disamping sebagai search enggine manfaat lain yang saya rasakan adalah sebagai media pamer, promosi dan pengenalan diri. Saya membuat sebuah blog yang didalamnya ada fasilitas untuk dibuatkan template secara gratis. Karena pasti jika tanpa promosi blog saya tersebut tidak bakalan laku, saya kumpulkan semua link yang memberikan layanan iklan baris gratis, yang daftar dan pasang semua iklan saya disana, tidak lupa di social network juga saya pasang, makin laku pula blog pemesanan template saya. 

Pintar itu relatif, orang yang pintar otomotif belum tentu pintar komputer, jadi initinya dalam menghadapi hidup orang itu tidak harus pintar, tapi jadilah orang yang pintar-pintar, seperti kata Prof. Yanto.


0 comments: